Sekilas Tentang Denpasar

Bali sejak lama sudah terkenal di seluruh dunia sebadai daerah tujuan wisata yang unik, karena memiliki potensi wisata seperti keindahan alam, keanekaragaman budaya, dan kehidupan sosial masyarakatnya yang mayoritas beragama hindu. Denpasar, disamping sebagai Ibukota Provinsi Bali, juga merupakan pusat berbagai aktivitas ekonomi, pendidikan, dan pariwisata.

Sebagai daerah tujuan wisata, Denpasar keunggulan komparatif karena letaknya yang strategis di sentral Pulau Bali serta memiliki objek dan daya tarik wisata yang tidak kalah menariknya dengan daerah lainnya. Demikian juga halnya dengn berbagai fasilitas penunjang kepariwisataan seperti akomodasi, restoran, biro perjalanan wisata, pusat perbelanjaan serta adanya fasilitas kesehatan seperti rumah sakit/klinik bertaraf internasional yang selalu siap melayani kebutuhan wisatawan. Karenanya tidak salah jika ada anggapan bahwa Denpasar adalah barometer kepariwisataan Bali, karena Denpasar adalah pemberi kesan pertama, first image tentang Bali.

Sebagaimana visi sebagai kota berwawasan budaya yang dikembangkan, Pemerintah Kota Denpasar senantiasa berusaha menggali berbagai potensi wisata budaya yang dimilikinya, terlebih lagi dalam rangka mendukung dan memperkaya khasanah Tahun Kunjungan Wisata Indonesia (Visit Indonesia 2011), Pemerintah Kota Denpasar akan menyelenggarakan sebuah program yang merupakan kegiatan kompilasi dalam bentuk pertunjukan seni dan budaya sepanjang tahun 2011 yang bertajuk Sightseeing Denpasar.

TUJUAN

Membangkitkan rasa kebanggaan masyarakat terhadap kreativitas budaya lokal sehingga memberikan kesan positif bagi Kota Denpasar sebagai sebuah destinasi wisata yang layak dikunjungi.

SASARAN

  • Melestarikan warisan budaya Bali umumnya dan Denpasar khususnya
  • Meningkatkan kunjungan wisatawan
  • Membangkitkan nilai ekonomi budaya