Puri Jro Kuta

Pulau dewata begitu dikenal dengan keragaman budaya dan adat istiadat yang mempesona. Di Pulau Bali, Puri adalah sebutan untuk tempat tinggal bangsawan khususnya mereka yang masih merupakan keluarga dekat dari raja-raja Bali.

Puri Jro Kuta
Puri Jro Kuta

Berdasarkan sistem pembagian triwangsa, maka puri ditempati oleh para bangsawan dari wangsa ksatria. Secara etimologis, kata puri sesungguhnya berasal dari kata akhiran bahasa sansekerta yaitu PUR,PURI,PURA,PURAM. Puri yang artinya kota berbenteng atau kota dengan menara istana. Salah satunya adalah Puri Agung Jro Kuta yang terletak di bagian barat kota Denpasar berjarak sekitar 1 km dari pusat kota, bertempat di jalan Sutomo no.38.

Puri Agung Jro Kura didirikan oleh Dewa Gede Jambe Badung, kurang lebih pada tahun 1820M. Setelah Abiseka sebagai pejejengan Puri, Beliau bergelar Kyai Agung Gede Jro Kuta Kahunin gan.

Keluarga Puri Agung Jro Kuta merupakan keturunan langsung Puri Klungkung yakniDewa Agung Kusamba yang merupakan Raja Klungkung.

Sebagai gambaran sejarah khususnya dalam upacara pitra yadnya, pengabenan di Puri Agung Jro Kuta boleh memakai sarana Naga Banda. Naga Banda tersebut digunakan karena merupakan keturunan langsung Raja Klungkung (Satria Dalem) yang telah Mabiseka Ratyu (Keprabon) yang artinya naik tahta sebagai raja.

Puri agung Jro Kuta hingga saat ini memiliki tata letak atau zona yang masih tertata seperti zaman dahulu didirikan. Ketika memasuki halaman Puri Agung Jro Kuta terdapat 4 buah kori agung. Dalam istilah kerajaan dahulu disebut dengan Nyatur Singa atau empat lokasi berbeda dalam satu kawasan.

jro kuta 3

 

Halaman pertama adalah Jaba Ancak Saji terletak di sebelah barat daya puri dan biasanya digunakan untuk mempersiapkan diri sebelum masuk ke puri, kemudian dilanjutkan menuju Jaba Tengah, Jaba Tandeg, Saren Agung (ruang tamu raja), Suci, dan terakhir adalah Merajan Agung berfungsi sebagai tempat pemujaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

 

Mempertahankan budaya dan kearifan lokal adalah ciri khas Puri Agung Jro Kuta, terbukti para perajin masih menggunakan alat tenun tradisional dari kayu yang berusia hampir puluhan tahun.

Kekuatan budaya, keterikatan dengan mempertahankan tradisi, merupakan upaya penting melestarikan keberagaman Pulau Dewata. Keberadaan Puri sebagai salah satu titik sentral jaman kerajaan terdahulu, hendaknya dapat terus dilestarikan.

 

Pintu Masuk Puri Jro Kuta
Pintu Masuk Puri Jro Kuta

 

Lokasi Puri Jro Kuta adalah sebagai berikut:

Comments

comments

Mungkin Anda Menyukai

2 tanggapan untuk “Puri Jro Kuta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *